Mencari Driver Printer di Internet



Tentunya Printer sudah tidak asing ditelinga kita, meskipun era sekarang ini sudah era paperless (tanpa kertas), namun printer masih dibutuhkan dalam banyak hal. Printer merupakan alat cetak baik dokumen maupun gambar. Banyak varian dan jenis printer yang dijual. 

Ada tipe Inkjet, Printer Dot matrix, Printer Thermal (POS Printer), Printer LaserJet dan lain sebagainya. Namun seringkali printer yang kita beli, untuk sekarang ini dari pabrikan tidak menyediakan / menyertakan sebuah CD Driver Printer. 

Tentunya ini akan menjadi sedikit kendala bagi pengguna awam yang tidak tahu harus bagaimana ketika printer akan digunakan, meskipun untuk sistem Windows terbaru seperti Windows 10 / 11 sudah mendukung banyak tipe driver printer, namun tidak menutup kemungkinan ada printer-printer tertentu yang kurang support dengan sistem operasi yang digunakan. Dan tentunya harus menginstal driver dari printer tersebut. 

Lalu apa sih itu driver ? 
Driver dalam perangkat laptop atau komputer berfungsi sebagai penerjemah komunikasi antara perangkat keras (hardware) dengan sistem operasi (Operating System), perlu diketahui setiap perangkat keras memiliki bahasa pemrograman dalam komputer dengan cara bahasanya sendiri. 

Sehingga sebelum perangkat keras dapat digunakan maka sistem operasi akan mengenali perangkat tersebut melalui sebuah driver, baik itu driver Audio, driver Jaringan, driver Grafis, Driver BIOS dan lain sebagainya.

Dibawah ini adalah daftar beberapa printer populer di Indonesia yang sering digunakan, dan silakan untuk anda yang sedang mencari driver printer, dapat mengunduh driver (perangkat lunak) dari printer tersebut dibawah ini melalui website resminya. Semoga bermanfaat.



Posting Komentar

0 Komentar

Tutup Menu