Belajar Microsoft Word 2016





Belajar Microsoft Word saat ini sangat mudah untuk dilakukan karena ada banyak sekali tutorial yang tersedia secara online seperti sekarang, tidak seperti saat saya (pengalaman pribadi) belajar Microsoft Word pertama kali. Kalau tidak salah ingat, aplikasi yang pertama kali saya gunakan untuk belajar waktu itu adalah Microsoft Word (versi 2000).

Saat ini saya menggunakan Ms Word versi 2016 untuk membuat tutorial dengan materi yang simpel agar mudah difahami oleh para pemula. Tujuannya adalah agar materi mudah dimengerti dan bisa dipelajadi dengan cepat. Khususnya untuk pemula yang sedang belajar dari tahap nol/awal. Pada tutorial ini saya menggunakan Microsoft Word 2016. Namun anda tetap dapat mengikuti tutorial ini meskipun masih menggunakan versi Ms. Word 2007, 2010, 2013.

Pada intinya, apabila anda sudah faham dengan fitur-fitur yang ada (secara dasar) pada Microsoft Word, maka dalam menggunakan versi yang lebih baru pun akan lebih mudah. Maka, bagi para pemula yang ingin mempelajari Microsoft Word, tidak salah anda menemukan artikel ini.

Untuk mempermudah pembelajaran dan memahami materi, semua link dan judul materi akan ditampilkan pada halaman ini secara terurut. Jadi jika anda adalah pemula yang baru belajar, saya rekomendasikan untuk membacanya secara terurut.

Dasar-dasar Microsoft Word
Editing Teks di Microsoft Word

Setelah anda memahami dasar-dasar dari Microsoft Word diatas, kita akan berlanjut mempelajari tentang pengeditan (editing) teks di Microsoft Word. 

  • Pengaturan Font (Huruf)

Dalam materi ini akan dijelaskan bagaimana cara untuk melakukan pengaturan font (huruf), karena huruf merupakan bagian terkecil dari sebuah kata/kalimat yang ditulis. Sehingga agar lebih memahaminya silakan disimak.

  • Pengaturan Paragraf

Setelah mengetahui cara pengaturan font, selanjutnya melakukan pengaturan paragraf. Karena dalam sebuah naskah, atau dokumen kita akan seringkali melakukan pengeditan kalimat maupun paragraf. Kali ini kita akan belajar melakukan editing / pengaturan paragraf.

  • List atau Daftar

Materi selanjutnya adalah memberikan list atau daftar, berfungsi untuk membuat urutan dalam bentuk simbol atau angka.

  • Pengaturan halaman dan kertas

Agar hasil print atau cetak dokumen sesuai dengan keinginan, maka kita harus melakukan pengaturan halaman dan kertas yang digunakan terlebih dahulu. Pengaturan tersebut ada pada margin, ukuran kertas dan sebagainya.

  1. Cara ubah inchi ke cm di Ms Word
  2. Cara mengatur margin
  3. Cara mengatur ukuran kertas 
  4. Membuat halaman (Portrait atau Landscape)
  5. Membuat kolom halaman

  • Gambar dan Foto

Konten berupa gambar hampir selalu ada pada dokumen. Di sini kita akan belajar mulai dari menambahkan gambar, crop, mengatur posisi dan mengeditnya.
  1. Memasukkan Gambar di Ms Word
  2. Memotong Gambar di Ms Word
  3. Mengedit Gambar di Ms Word
  • Tabel

Materi selanjutnya kita akan membahas tentang tabel. Mulai dari cara membuat tabel, menghapus tabel, mengenal bagian tabel, menambah dan menghapus tabel dan lain sebagainya. Yuk disimak

  1. Membuat tabel di Ms Word
  2. Menghapus tabel di Ms Word
  3. Mengenal Bagian-bagian tabel
  4. Menambah dan Menghapus Sel Tabel
  5. Menggabungkan sel tabel (Merge Cell)
  6. Menambah dan Menghapus Baris di Tabel
  7. Menambah dan Menghapus Kolom
  8. Menghapus Garis (Border) pada tabel

Mencetak Dokumen

Materi selanjutnya, setelah kita belajar dari dasar mengenal Ms Word, Membuat Dokumen, Mengedit Dokumen, untuk langkah terakhir jika ingin menjadikan file dokumen berupa hardcopy maka kita harus mencetaknya atau print dokumen menggunakan printer.

Posting Komentar

2 Komentar

  1. Terima kasih. Sangat bermanfaat.

    BalasHapus
  2. Semoga bermanfaat, dan jangan lupa jika tutorial belajar Ms Word diatas bermanfaat, bantu bagikan artikel diatas agar teman/sahabat anda yang lainnya juga mendapatkan tambahan ilmu. Semoga menjadi Amal jariyah pula bagi anda.

    BalasHapus
Emoji
(y)
:)
:(
hihi
:-)
:D
=D
:-d
;(
;-(
@-)
:P
:o
:>)
(o)
:p
(p)
:-s
(m)
8-)
:-t
:-b
b-(
:-#
=p~
x-)
(k)

Tutup Menu