Aplikasi Penduduk



Aplikasi Administrasi Penduduk RT/RW



Population adalah software (perangkat lunak) karya anak bangsa, yang fungsi utamanya untuk melakukan input data (administrasi) warga atau penduduk secara offline (lokal PC/ Komputer) tanpa terhubung dengan koneksi internet/jaringan. Aplikasi Population sengaja dibuat dengan desain simple atau sederhana agar mudah digunakan oleh user atau pengguna yang masih awam komputer sekalipun. 

Selain itu, aplikasi Population dapat di pasang di berbagai perangkat lebih dari 1 komputer (tanpa koneksi Jaringan) dan tanpa berlangganan.

Aplikasi Pendataan Penduduk Population dibuat dan dikembangkan sejak tahun 2013, bertujuan untuk memberikan kemudahan pengurus RT/RW dalam melakukan pendataan warga atau penduduk, baik di tingkat RT maupun RW. 

Sejak tahun 2013 hingga saat ini, aplikasi data penduduk Population telah digunakan oleh ribuan pengguna, di berbagai pelosok wilayah Indonesia. Berikut sekilas video aplikasi Population yang dapat anda lihat di Facebook.

Latar Belakang Population 

Mengingat di setiap wilayah (RT/RW)  masih ditemukan banyak kendala dan terbatas dalam sistem pendataan administrasi penduduk (warga), selain itu pula masih banyak di lingkup (RT/RW) yang melakukan pendataan administrasi warga secara manual (paper), sehingga hal demikian menjadikan arsip atau administrasi data kurang efektif dan efisien.

Dengan kemajuan Sistem Informasi dan Teknologi saat ini, hampir semua pekerjaan tidak lepas dengan Sistem Informasi Teknologi. Dengan adanya penggunaan sistem informasi teknologi tentunya dapat memberikan dampak positif dari suatu pekerjaan atau aktifitas dapat dilakukan dengan lebih efektif dan efisien. 

Lalu apa saja manfaat dengan menggunakan aplikasi administrasi pendataan penduduk bernama Population ini ? Mari disimak dalam ulasan singkat berikut ini.


Manfaat Penggunaan Aplikasi Population ?

  • Input data dalam bentuk Database

Database atau yang dikenal juga dengan istilah basis data adalah sekumpulan data yang dikelola dengan sedemikian rupa berdasarkan ketentuan tertentu yang saling berkaitan sehingga memudahkan dalam pengelolaannya. Database memudahkan pengguna dalam mengakses suatu data didalam sistem, karena semua data telah tersimpan dengan baik.

  • Data Dapat Dicetak (Printing)
Ada kalanya data yang telah terinput dan disimpan dalam bentuk digital (soft copy), kita juga memerlukan data tersebut untuk digunakan sebagai bahan lampiran/rujukan dalam bentuk fisik (hard copy). 
Didalam aplikasi Population telah disediakan fitur untuk melakukan printing (cetak) data, hampir semua data, baik data warga, data mutasi warga, data surat (arsip), Surat Pengantar, Surat Keterangan Miskin, Surat Keterangan Domisili, dan lainnya dapat dicetak dengan mudah. 

  • Statistik Data

Selain data yang telah di input, tentunya kita ingin mengetahui data tersebut secara statistik (Angka). Dalam aplikasi Population telah disertakan fitur untuk melihat Data Stastik (berupa Angka), seperti Jumlah KK, Jenis Kelamin, Warga Miskin, Pendidikan, Usia Warga.

  • Minimalkan Data Ganda (NIK)


Didalam melakukan input data, kadangkala bahkan seringkali seorang pengguna melakukan kesalahan input terutama pada hal yang penting disini adalah NIK (Nomor Induk Kependudukan), karena NIK sifatnya adalah identik alias tidak boleh sama atau ganda, maka dari itu, untuk meminimalkan hal tersebut, disaat melakukan input NIK pada aplikasi Population, apabila terdeteksi NIK yang sama persis dengan dengan NIK yang telah diinput sebelumnya, maka secara otomatis akan terdeteksi dengan fitur Cek Data Ganda. 

  • Pencatatan Data Tamu atau WNA

Tamu merupakan orang yang datang melakukan kunjungan ke suatu tempat, baik diundang ataupun datang karena keinginanya sendiri. Seringkali, di sebuah tempat / wilayah dikunjungi oleh warga lokal, luar daerah maupun dari Warga Negara Asing untuk tinggal sementara, antara 2-3 hari, bulan maupun tahunan, maka sudah seharusnya para tamu (pendatang) tersebut dapat terdata secara baik oleh pihak terkait (RT/RW).

Dengan tambahan fitur input data tamu (Warga lokal maupun WNA), diharapkan fihak terkait (RT/RW), memiliki data dari tamu tersebut secara detail, yang berguna sebagai antisipasi untuk meminimalkan atau sebagai pencegahan dari sebuah tindakan kriminalitas, seperti penyalahgunaan narkotika dan obat-obatan terlarang (Narkoba), tindakan yang bersifat Asusila, hingga aksi terorisme yang dapat mengganggu keamanan dan kenyamanan di sebuah wilayah baik pedesaan maupun perkotaan. 

  • Export Database ke Microsoft Excel

Kesekian kalinya, fitur utama aplikasi Population tidak hanya untuk melakukan input (memasukkan data) namun dapat melakukan Export Database yang telah di input menjadi sebuah data tabulasi, dengan format dokumen Spreadsheet (*.xls). Format *.XLS dapat dibuka pada aplikasi Spreadsheet Office Suite seperti Open Office, Microsoft Office Excel dan lain sebagainya.

  • Import Data Microsoft Excel

Import data Ms Excel

Apabila anda sudah memiliki data warga dalam file Spreadsheet seperti Microsoft Excel, maka anda dapat dengan mudah untuk melakukan import (memasukkan) data excel anda tersebut kedalam aplikasi Population, tanpa harus melakukan input ulang kedalam aplikasi.

Untuk cara dan panduan import data excel sudah disertakan didalam paket software tersebut. Sehingga anda tidak perlu khawatir cara menggunakan Import data excel. 

Yang tak kalah penting, adalah apabila Didalam layout Surat Pengantar yang ada didalam aplikasi kurang sesuai dengan format baku anda atau hal lainnya, maka anda dapat mengeditnya sendiri, dengan cara melakukan konversi ke Microsoft Word terlebih dahulu.

  • Backup Data ke Media Simpan 

Untuk meminimalkan dampak terjadinya kerusakan atau hilangnya data yang telah di input, di dalam aplikasi Population juga dilengkapi fitur Backup Data

Backup (Cadangan) data sangatlah penting, karena data yang tersimpan dalam sebuah perangkat komputer tidak menjamin aman secara sepenuhnya, data yang disimpan bisa saja tiba-tiba rusak atau hilang yang mungkin diakibatkan oleh virus komputer, kesalahan pengguna atau bahkan pencurian.

Sangat direkomendasikan data yang telah diinput selalu dibackup (dicadangkan) ditempat atau media simpan yang lain (seperti Hardisk / SSD Portabel, Flasdrive, MicroSD) atau anda dapat menggunakan penyimpanan berbasis Cloud Storage (Google Drive, One Drive) dsb. 

Sehingga apabila aplikasi Population, ataupun media simpan (flasdisk, mmc, hdd portabel) mengalami error atau rusak, anda masih memiliki data cadangan (Backup) sebagai bentuk antisipasi. Dari penjelasan singkat diatas, semoga menambah pemahaman anda tentang aplikasi Population. Penasaran dengan aplikasinya? Silakan unduh aplikasinya dibawah ini.

Unduh Aplikasi RT/RW

  • Minimal Sistem : Win. XP / 7 / 8 / 10 / 11
  • Panduan disertakan (PDF) 
  • Dapat di instal lebih dari 1 PC / Laptop

Posting Komentar

0 Komentar

Tutup Menu