Software Desain Rumah


Mungkin bagi sebagian dan kebanyakan dari para arsitek sewaktu dulu, untuk membuat sketsa atau mendesain sebuah bangunan membuatnya secara manual di atas sebuah kertas. Hal tersebut tentu saja akan memakan waktu yang cukup lama dan juga dituntut untuk memiliki ketelitian yang sangat tinggi.

Seiring berkembangnya teknologi IT , saat ini untuk mendesain rumah minimalis, interior rumah, perkakas (perabotan) atau gedung dapat dilakukan dengan bantuan software khusus. Perangkat lunak untuk mendesain arsitektur ini mendukung rancangan 2D dan 3D dari berbagai macam konstruksi bangunan.

Selain itu, software ini menawarkan berbagai fitur otomatis yang mempermudah penggunanya dalam mendesain bangunan. Dengan kemudahannya tersebut, software ini juga bisa digunakan untuk pemula yang sedang belajar dunia arsitektur. Nah, bagi Anda yang menggeluti dunia arsitektur atau ingin belajar mendesain, berikut adalah 13 software desain rumah terbaik yang kami rekomendasikan untuk Anda. Berbagai software ini bisa dijalankan secara offline di perangkat PC Anda.


Architect Ultimate Home

Virtual Architect Ultimate Home with Landscaping & Decks Design 10 adalah aplikasi yang sangat lengkap, semua fitur-fiturnya sangat cocok untuk digunakan desainer interior pemula ataupun profesional. Dengan ribuan model 3D yang bisa dipilih, kini Anda tidak perlu repot-repot lagi mencari model 3D di Google.

Tidak hanya dapat membuat ruangan dalam rumah menjadi lebih hidup, aplikasi ini juga bisa dipakai untuk merancang desain beranda atau dek. Hasil render 3D pada software ini juga tidak abal-abal, kualitas teksturnya begitu tajam dan terlihat seperti aslinya. Sisi antarmuka yang menggunakan jendela wizard sungguh memudahkan navigasi bagi yang tidak terbiasa pakai software editing.

Oleh karena itu, wajar kalau software ini punya kebutuhan spek PC yang cukup besar. Minimal Anda harus pakai dedicated VGA dengan memori 2 GB. Lebih besar pastinya lebih bagus, karena akan meningkatkan kecepatan dan kualitas hasil rendering model 3D. Jangan lupa untuk pastikan RAM Anda sudah berkapasitas minimal 8 GB, tentunya gunakan SSD. Untuk mengunduhnya dan membelinya klik tautan ini.


Room Sketcher Pro

RoomSketcher sebenarnya merupakan aplikasi gratis namun menawarkan beberapa paket berbayar. Salah satunya adalah versi Pro yang menyuguhkan semua fitur-fitur VIP ditambah beberapa fitur tambahan. Versi Pro ini memungkinkan Anda untuk melabeli floor plan dengan nama brand, khusus bagi Anda yang mewakili sebuah perusahaan.

Versi Pro juga punya kustomasi denah 3D yang lebih memukau, serta memungkinkan penggunanya untuk melihat hasil rancangan denah secara 360 derajat. Fitur eksklusif lainnya juga masih banyak, seperti melakukan kalkulasi pada total area dan pengukuran denah.  Software ini dapat dimiliki dengan membayar biaya langgan per tahunnya, tersedia untuk platform Windows, Mac, serta tablet Android an iOS. Kunjungi link ini untuk membelinya.


SketchUp Pro

Kalau Anda ingin lebih bebas mendesain dari mana saja, mengapa tidak gunakan SketchUp Pro? Aplikasi ini memiliki fitur yang dinamakan web-based 3D Modelling, sehingga Anda bisa melakukan desain rumah secara 3D melalui browser. Selain itu, SketchUp Pro juga cocok bila Anda membutuhkan saran dalam penataan ruang, karena fitur PreDesign akan memberikan rekomendasi desain berdasarkan tipe bangunan dan cuaca.

SketchUp Pro juga punya dukungan format file yang beragam, contohnya dapat melakukan impor file dari Photoshop, file JPG, PNG, PDF dan masih banyak lagi. Anda bisa menggunakan software canggih ini dengan berlangganan per tahun.

SketchUp Pro tersedia untuk sistem operasi Windows 10 dan MacOS. Untuk pengguna Windows, minimal harus memiliki VGA discrete (bukan onboard) dengan memori 1 GB. Kapasitas hardisk memiliki ruang sisa 700 MB untuk menampung program. Sangat disarankan untuk sekarang ini, gunakanlah SSD jangan Hardisk. Untuk mengunduhnya dapat diunduh di tautan ini.


Home Designer Pro

Selanjutnya, tidak masalah kalau Anda bukan pro di industri desain interior ataupun arsitektur. Anda tetap dapat melakukan desain secara profesional dengan software desain yang bernama Home Designer Pro. Beragam tool di dalamnya akan membuat Anda merasa seperti arsitek sungguhan. 

Dan karena diperuntukkan bagi non-profesional, maka navigasi serta cara pengoperasiannya pun akan terasa begitu mudah. Baik itu mendesain rumah, melakukan remodeling, renovasi, dan menghitung perkiraan biaya, Home Design Pro hadir untuk menyelesaikan permasalahan Anda seputar membangun rumah. Sebelum instal software Home Designer Pro diperlukan setidaknya ruang sebesar 5 GB di HDD serta VGA bermemori 1 GB yang mendukung OpenGL 3.3 ke atas (Windows) atau 4.1 ke atas (Mac). Untuk kapasitas RAM, hanya dibutuhkan setidaknya RAM berkapasitas 4 GB atau 8 GB disarankan. Tertarik dengan aplikasi ini? Klik saja laman  di sini.

Smart Draw

SmartDraw bukanlah aplikasi khusus desain rumah, melainkan software untuk menghasilkan elemen visual apapun seperti bagan, slide presentasi, dan tentunya denah. Ya, Anda bisa melakukan pembuatan denah dengan cara yang begitu mudah dan intuitive. Antarmukanya juga tentu sudah menggunakan drag and drop sehingga elemen-elemen visualnya bisa dipindah-pindahkan dengan mudah.

Tidak begitu mahal untuk bisa mendapatkan SmartDraw, cukup berlangganan dengan harga per bulan yang akan dicas setiap tahunnya. Dan apabila laptop Anda cukup kuat untuk menginstal Office, aplikasi SmartDraw juga pasti bisa dijalankan dengan lancar. Untuk mendapatkan software SmartDraw silakan mengklik tautan ini!

Posting Komentar

0 Komentar

Tutup Menu