4 Antivirus Rekomendasi Untuk Komputer

 


Berbicara mengenai sistem operasi, Windows merupakan produk dari Microsoft. Microsoft Windows merupakan sistem operasi paling populer di dunia selain Microsoft Office (Ms Word, Excel, PowerPoint) dsb, sehingga menjadikan Sistem Operasi Windows menjadi target utama bagi ribuan virus dan malware berbahaya. Penyebarannya pun bisa melalui banyak media, baik secara offline (flasdisk, diskdrive, optical drive) maupun online.

Akses internet yang semakin mudah dan murah juga menyebabkan semakin mudahnya penyebaran virus dan malware, khususnya bagi user yang kurang peduli terhadap modus penbyebaran virus dan malware.

“Setiap penyakit ada obatnya. Namun tenang saja, selain ada virus ada juga antivirus yang bisa digunakan untuk menangkal virus, malware, maupun spyware.

Banyak antivirus gratis, namun sebenarnya program tersebut hanya berupa pemindai virus (scan virus), namun terkadangkala jenis ancaman itu banyak tidak hanya virus saja. Nah dalam ulasan artikel ini, saya merekomendasikan beberapa antivirus yang cukup bagus dan layak untuk dipasang di PC/laptop anda. Karena selain ndapat mendeteksi virus, antivirus dibawah ini juga memiliki fitur-fitur lainnya, Tentunya dengan tidak meremehkan antivirus yang lain.

 

Avira Free Antivirus

Antivirus berikutnya bernama Avira, Avira Free Antivirus bekerja secara cloud. Ini artinya proses deteksi dan pemusnahan virus tidak terjadi di komputer atau laptop anda. Ada dua keuntungan dari proses ini:

Avira tidak menggunakan banyak resource komputer anda, sehingga tidak memberatkan ataupun mengganggu performa PC anda. Avira adalah salah satu program antivirus paling ringan diantara program antivirus kenamaan lainnya.

Dengan sistem dan proses antivirus secara cloud di server mereka, metode kerja Avira tetap rahasia, dan terjaga dari pengetahuan para hacker. Ini membuat mereka selangkah di depan karena para hacker tidak bisa mempelajari cara melawan Avira.

Dengan fitur Avira Browser Safety, ektensi untuk Chrome dan Mozilla Firefox, anda terlindung dari berbagai website berbahaya yang menyebarkan virus, malware, dan penipuan phishing secara online.

Karena Avira sangat ringan, sehingga bisa dijalankan pada PC Windows model lama, tanpa mempengaruhi performa Windows secara signifikan. Jika komputer atau laptop sering terasa berat dan lambat, anda dapat mencoba Avira Free Antivirus sebagai software antivirus.

 

Bitdefender Antivirus Free Edition



Bitdefender antivirus merupakan antivirus gratis yang sangat simpel dan minimalis, Bitdefender Antivirus Free Edition adalah pilihan software yang tepat. Kualitas deteksi dan proteksi malwarenya adalah salah satu yang terbaik, bahkan jika dibandingkan dengan program antivirus berbayar sekalipun.

Bitdefender Free Edition tidak menawarkan fitur tambahan lain. Hanya antivirus. Bahkan tidak ada menu untuk pengaturan dan lain sebagainya. Tidak ada quick-scan, dan tidak ada pemindaian terjadwal (scan-schedule). Karenanya Bitdefender Free Edition sangat ringan dan tidak berdampak apapun terhadap performa Windows anda.

Meski fiturnya yang sangat minim. Bisa jadi ini adalah program antivirus yang paling cocok buat PC Windows anda. Jika anda ingin perlidungan yang sama kuatnya dengan beberapa fitur tambahan, anda bisa menggabungkan dengan Instal antivirus lain.

 

AVG Antivirus Free



AVG Antivirus adalah salah satu software antivirus terpopuler, dan cukup dikenal di Indonesia. Sejak dulu AVG selalu menyediakan versi gratis bagi penggunanya.

Seiring perkembangan waktu, AVG Antivirus juga selalu memberikan inovasi dalam programnya, termasuk untuk antivirus versi gratisnya.

Hadir dengan tampilan baru dan fitur yang lebih banyak, AVG Antivirus Free kini menawarkan proteksi real-time, memindai malware, fitur optimasi Windows, melindungi aktivitas browsing serta email, dan juga mampu menangkap file unduhan yang berbahaya sebelum sampai ke komputer anda.

Perlindungan terhadap website berbahaya dan penipuan phishing online dari AVG Free adalah yang terbaik. Ada juga fitur AVG’s Secure Browser, yang ringan digunakan, memblokir iklan, melindungi anda dari trackers, dan mencegah anda mengakses link atau website yang berbahaya.

Melalui pembaruan database virus yang rutin, komputer anda dijamin terbebas dari virus dan malware berbahaya, bahkan dengan AVG versi gratis sekalipun. Untuk keperluan rumahan dan perkantoran, AVG Free Antivirus sudah lebih dari cukup untuk melindungi PC anda.

AVG Free Antivirus juga telah tersedia dalam versi Bahasa Indonesia, khusus untuk pengguna Windows dan Android. Dalam versi AVG Free, anda bisa mencoba versi premium selama 30 hari. Dan anda tetap bisa kembali menggunakan versi gratisnya setelah masa trial 30 hari berakhir.

Dan jika anda membutuhkan fitur ekstra yang ditawarkan oleh AVG Antivirus, anda bisa meningkatkan program anda ke versi AVG Antivirus berbayar atau premium kapan saja anda mau.

 

Avast Free Antivirus


Avast Free Antivirus bukanlah sekedar program antivirus, melainkan paket perlindungan bagi komputer Windows. Tidak hanya memberikan proteksi terhadap virus dan malware, Avast juga memberikan banyak fitur perlindungan Windows dengan harga 0 rupiah, alias gratis.

Itu hanya sebagian, karena anda bisa mendapatkan lebih banyak fitur dengan upgrade ke Avast Antivirus Premium.

Selain program antivirus, anda juga bisa menggunakan fitur pengaman browser, password manager, game mode, wi-fi inspector, dan lain sebagainya dalam Avast Free Antivirus.

Namun begitu, banyaknya ftur tambahan membuat Avast Free menggunakan banyak resource komputer anda, sehingga cukup memberatkan komputer anda. Karena itu Avast memberikan fitur Do Not Disturb (game mode) agar anda bisa, untuk sementara, membuat komputer anda lebih ringan dan nyaman dipakai bermain game atau menonton film.

Semoga rekomendasi antivirus di atas bisa membantu anda memilih program antivirus gratis terbaik untuk PC/laptop Windows anda. Dan yang lebih terpenting lagi, selalu lakukan update antivirus secara berkala agar antivirus anda memiliki kemampuan lebih untuk mendeteksi jenis virus/malware baru.

Posting Komentar

1 Komentar

  1. dari ke 4 antivirus diatas, mana nih yang kalian gunakan?. Bagaimana kelebihan dan kekuranganya menurut kalian? yuk bisa dishare di kolom komentar..

    BalasHapus
Emoji
(y)
:)
:(
hihi
:-)
:D
=D
:-d
;(
;-(
@-)
:P
:o
:>)
(o)
:p
(p)
:-s
(m)
8-)
:-t
:-b
b-(
:-#
=p~
x-)
(k)

Tutup Menu