4 Mouse Rekomendasi buat PC/Laptop

 


Berbeda dengan laptop yang memiliki touch pad, komputer harus disambungkan dengan mouse. Walau memiliki touch pad, tak sedikit pengguna laptop juga menggunakan mouse. Sekarang ini, mouse yang sangat populer digunakan adalah mouse wireless dan tentunya adalah mouse wireless terbaik.

Memiliki fungsi yang sama dengan touch pad, siapa sangka bahwa mouse memiliki performa yang lebih cepat dibandingkan dengan touch pad. Itu sebabnya banyak pengguna laptop juga masih menggunakan mouse. Selain itu, mouse juga memiliki fungsi yang sangat penting untuk komputer atau laptop Anda. Penasaran apa saja fungsinya? Berikut ulasannya.

 

Fungsi Mouse

Menjadi perangkat pendukung utama untuk PC (Personal Computer), mouse memiliki fungsi yang sangat penting dalam sebuah perangkat komputer. Berikut fungsi-fungsinya.

1. Untuk Mengeksekusi Suatu Program

Salah satu fungsi utama mouse adalah mengeksekusi suatu program. Dalam penggunaan PC, contohnya adalah membuka sebuah folder. Untuk menjalankan fungsi tersebut, Anda harus mengklik mouse lalu layar komputer tersebut menampilkan hal yang Anda inginkan.

2. Untuk Memilih Objek

Selanjutnya adalah berfungsi untuk memilih objek. Contohnya adalah saat Anda ingin memilih sebuah video untuk diputar. Anda akan mengklik folder video lalu memilih video tersebut dengan cara mengliknya.

3. Melakukan Drag and Drop

Sebuah PC didukung dengan fungsi drag dan drop. Hal ini juga didukung dengan fungsi sebuah mouse. Proses drag dan drop ini  meliputi move, cut, copy dan juga paste. Dengan mouse Anda dapat melaukan fungsi-fungsi tersebut.

Cara memilih Mouse Wireless yang Bagus

Bagi Anda yang ingin membeli mouse wireless, terdapat beberapa hal yang harus Anda ketahui agar Anda dapat memilih yang baik sesuai dengan kebutuhan Anda. Berikut cara memilih mouse wireless yang tepat.

 

1. Pilih Mouse Wireless Yang Memiliki DPI yang Tinggi

Saat ingin menggunakan atau membeli mouse wireless sebaiknya pilih mouse yang memiliki DPI minimal 1000. Hal ini akan mempengaruhi sensitivitas dalam melakukan gerakan pada mouse tersebut.

2. Pilih Mouse Wireless Yang Bisa di On/Off

Jenis mouse saat ini memang sangat banyak sekali variannya. Itu sebabnya dalam memilih mouse tersebut pastikan Anda memilih mouse yang bisa di On/Offkan. Hal ini dapat membantu Anda saat Anda ingin meninggalkan PC untuk sementara waktu, Anda dapat mematikannya sementara. Tujuannya adalah menghemat daya mouse tersebut.

 3. Pilih Mouse Yang Memiliki Penyimpanan Dongle

Selanjutnya adalah pilih mouse yang memiliki penyimpanan dongle. Pada dasarnya dongle tidak boleh terus diletakkan pada PC dan harus dilepas ketika tidak dipakai. Agar tidak hilang ataupun rusak, dongle teresebut harus disimpan dengan baik. Itu sebabnya pilihlah mouse yang memiliki penyimpanan dongle tersebut.

4. Periksa Konektivitas Mouse Wireless

Mouse wireless saat ini memiliki konektivitas yang berbeda-beda seperti konektivitas USB receiver dan juga bluetooth. Pastikan Anda memilih sesuai dengan kebutuhan Anda. Untuk yang USB receiver melakukan setting port yang digunakan.

5. Periksa Sistem Sensor Yang Ada Pada Mouse Wireless Tersebut

Untuk sistem sensor, mouse wireless memiliki berbagai varian sistem sensor. Untuk yang sensor blue LED bisa digunakan tanpa mouse pad. Untuk penggunaan mouse dengan sensor red LED sistem harus digunakan dengan mouse pad.

6. Periksa Cara Pengisian Daya Mouse

Selanjutnya adalah periksa pengisisan daya mouse. Pengisian daya dapat dilakukan dengan charging ataupun baterai. Pastikan Anda memilih sesuai dengan kebutuhan Anda.

Itulah beberapa tips untuk memilih mouse wireless yang bagus. Selanjutnya adalah ulasan untuk rekomendasi mouse wireless.

Berikut ada beberapa mouse rekomendasi buat anda yang lagi cari mouse, bisa untuk pengganti mousepad laptop anda atau untuk PC anda dirumah.

1. Logitech B175

Lagi cari mouse nirkabel dari Logitech dengan harga murah? Anda wajib mencoba Logitech B175 dengan harga Rp90 ribuan per unitnya. Dengan harga tersebut, perangkat ini menawarkan konektivitas wireless 2.4 GHz yang memungkinkan menjangkau sinyal panjang hingga 10 meter.

Dengan bobot 75 gram membuat perangkat ini mudah untuk dibawa dan ringan ketika diangkat. Pihak Logitech mengklaim baterai pada B175 mampu menyala hingga satu tahun lamanya tergantung penggunaannya. Berbentuk Ambidextrous, B175 akan tetap nyaman digunakan baik dengan tangan kanan maupun tangan kiri.

Perangkat garapan Logitech ini telah dipasang oleh resolusi tracking yang mencapai 600 dpi dan blue laser tracking. Hadir dalam warna hitam pengguna tidak perlu repot-repot memasang perangkat lunak tambahan, cukup menyambungkan USB Nano Receiver ke Port USB maka B175 sudah bisa 'berkeliaran'. 

 

2. Microsoft 1850

Sekarang Anda tidak perlu lagi belibet oleh tali-tali kabel mouse karena dengan Microsoft 1850 bisa menjadi lebih praktis. Mouse besutan Microsoft ini didesain dengan warna-warni yang menarik dan atraktif untuk dipandang mulai dari warna merah, merah muda, hitam, biru dongker, hingga ungu.

Mouse yang mempunyai slot khusus untuk menaruh Nano Transceiver ini menawarkan beberapa keunggulan seperti tombol utama dan scroll yang cukup responsif dan nyaman, desain yang ergonomis dan ringkas, tubuh yang ringan, hingga kapasitas baterai yang dapat bertahan selama enam bulan untuk penggunaan normal.

Perangkat yang nyaman saat digenggam ini dapat menyesuaikan diri dengan beragam sistem operasi mulai dari Mac OS X, Windows, bahkan Android. Dengan suguhan performa nirkabel yang unggul, Microsoft 1850 bisa Anda pinang dengan mahar yang harus disiapkan kurang dari Rp120 ribuan per unitnya

 

3. Philip M-314

Terkadang punya mouse berkabel itu merepotkan dan mengganggu pemandangan di atas meja. Dalam menyelesaikan masalah tersebut Philips menelurkan produk mouse bernama Philips M-314. Perangkat ini mampu beroperasi dalam jarak hingga 10 meter dengan resolusi sensor yang mencapai DPI1200.

Perangkat yang dilengkapi oleh tiga tombol tersebut telah dirancang untuk memiliki life key hingga 3 juta kali. Berbobot 54,5 gram, M-314 mengangkut teknologi nirkabel sebanyak 2.4 GHz yang diklaim dapat berkinerja dengan gesit tanpa perlu cemas terganggu oleh konektivitas mouse lain.

Kelebihan lain dari perangkat garapan Phillips ini mempunyai masa hidup atau sistem baterai yang ciamik dan panjang. Dibanderol pada kisaran Rp80 ribuan, Philips M-314 siap menjadi teman Anda untuk mendampingi kegiatan komputasi sehari-hari.

 

4. Dell WM126

Perusahaan komputer bernama Dell juga meluncurkan berbagai varian mouse wireless – salah satunya yang terbaik adalah tipe WM126 yang hadir dengan varian warna putih, biru, hitam, dan merah. Ia menggunakan transceiver USB tipe-A dengan tipe koneksi wireless RF yang sangat hemat energi.

Alhasil, Anda pun bisa menggunakan mouse wireless ini selama 1 tahun menggunakan satu buah baterai tipe AA. Waktu pemakaian yang cukup lama untuk seukuran mouse nirkabel seharga Rp90 ribuan ini. Jumlah tombol yang dimilikinya juga standar, ada klik kiri, klik kanan, dan scrolling wheel yang bisa juga digunakan untuk klik tengah. Resolusi pergerakannya berada di 1000 dpi (dot per inch).

Dilihat dari segi desain, ia memiliki desain yang terkesan cukup simpel dan bersih. Bobotnya juga cukup ringan (sekitar 57 gram) sehingga cocok untuk dibawa berpergian. 


Dari ke 4 mouse diatas, mana yang paling cocok untuk anda, bisa ditulis pada kolom komentar dibawah ini ya..

Posting Komentar

0 Komentar

Tutup Menu