Aplikasi Kompres File untuk Komputer

 


Kompresi file sangat berguna untuk menghemat ruang penyimpanan atau hardisk PC / laptop Anda. Karena mengkompresi file membuat file atau folder Anda yang semula berukuran besar menjadi berukuran kecil. Selain itu, manfaat kompresi file juga dapat memudahkan Anda dalam proses kirim mengirim file.

Semakin kecil file yang Anda kirim, maka semakin cepat pula prosesnya. Jika Anda mendapat file yang sudah terkompresi maka untuk dapat membaca atau membukanya Anda memerlukan aplikasi tambahan.

Banyak sekali aplikasi yang tersedia untuk membuka atau mengekstrak file kompresi di PC ataupun laptop. Bahkan ada aplikasi yang sudah terinstal di dalam PC atau laptop Anda. Namun, tidak semua memilikinya.

Nah, artikel kali ini akan membahas tentang aplikasi apa saja yang bisa digunakan untuk mengekstrak file RAR / ZIP di PC ataupun laptop. Langsung saja, silahkan simak penjelasannya berikut ini.

WINRAR

Aplikasi WinRAR adalah aplikasi yang sangat populer oleh pengguna Windows. Aplikasi ini selain menyediakan fitur untuk membuka dan mengekstrak file, namun dengan aplikasi ini Anda juga bisa membuat file arsip, menambahkan password atau kata sandi pada file, membagikan arsip menjadi volume terpisah, menguji file yang sudah diarsipkan, dan jika ada file yang rusak, aplikasi ini bisa memperbaikinya.


Tampilan yang dimiliki aplikasi ini sederhana dan mudah untuk dipahami. Fitur lainnya yang dimiliki aplikasi ini adalah enkripsi AES 128 / 256 untuk file atau arsip yang menggunakan password atau kata sandi. Terlihat jelas tombol – tombol besar yang ada di bagian atas aplikasi, seperti tombol Add, Extract To, Test, View, Delete, Find, Wizard, Info dan Repair.

Aplikasi WinRAR dapat Anda unduh secara gratis dan Anda bisa mencobanya selama 40 hari. Aplikasi WinRAR juga sudah support untuk Windows maupun Linux, MacOs dan Android. Jika Anda suka sekali dengan fitur – fitur yang diberikan, maka aplikasi ini sangat cocok bagi Anda yang membutuhkan banyak fitur tersebut. 

Untuk fitur-fitur Winrar seperti berikut :

  • Kompresi – Produk WinRAR dianggap sebagai alat kompresi terbaik dan tercepat di pasar. RAR atau Zip file Anda, untuk melindungi, mengatur, dan membagikannya dengan aman dan terjamin.
  • Enkripsi – Teknologi enkripsi 256-bit AES tingkat militer yang melindungi arsip dengan kata sandi termasuk semua metadata.
  • File RAR – WinRAR adalah satu-satunya perangkat lunak yang dapat membuat arsip RAR dan menawarkan sejumlah fitur canggih seperti arsip multivolume, kompresi ketat, dan catatan pemulihan.
  • Pengelola Kata Sandi – Pengelola kata sandi terintegrasi membantu melacak kata sandi yang sulit dan sulit diingat untuk arsip yang dilindungi kata sandi.
  • Lisensi Abadi – Model lisensi abadi, berlaku seumur hidup. Tidak ada langganan.
  • Catatan Pemulihan – Produk WinRAR dirancang untuk memulihkan file yang rusak.
  • Pisahkan Arsip – Pisahkan arsip menjadi file yang lebih kecil dan lebih mudah dikelola.
  • Cadangan – Opsi pencadangan lanjutan, file bercap waktu, dan penyimpanan versi file sebelumnya.
  • Drag-and-drop – Fungsi drag-and-drop yang didukung penuh.
  • Versi Bahasa – WinRAR tersedia dalam lebih dari 40 bahasa.
  • Pemindaian Virus – Pemindai virus bawaan mencegah arsip yang rusak dibongkar.
  • Arsip Multivolume – Dukungan lengkap untuk arsip multivolume dan pembuatan arsip self-extracting (SFX).

WINZIP


Sesuai dengan namanya, aplikasi ini lebih dikenal untuk format file ZIP. Tapi jangan salah, aplikasi ini juga dapat membaca dan mengekstrak jenis format file lainnya, diantaranya seperti RAR, ISO, CAB, 7z, dan lain sebagainya. Aplikasi ini memiliki tampilan antarmuka yang sangat sederhana, dan proses untuk membuka atau mengekstrak file pun tidak memakan waktu yang lama.

Aplikasi WinZip ini juga mampu mengkonversi dan melindungi file kita menggunakan fitur enkripsi AES 128 dan 256 bit. Fitur lainnya yang bisa Anda nikmati adalah Anda dapat mengubah foto dan menambahkannya watermark, menyimpan dan membagikan file secara cepat melalui email, clipboard, atau melalui penyimpanan awan seperti (Dropbox, Google Drive), dan penyimpanan lainnya.


Jika Anda menginginkan aplikasi ekstrak file yang lengkap, aplikasi WinZip ini adalah jawabannya. Aplikasi ini dapat diunduh secara gratis dan masa percobaannya selama 21 hari. Setelah masa percobaan, Anda harus membayarnya sekitar $30. Dan aplikasi WinZip ini mendukung berbagai sistem operasi diantaranya Windows, Mac, dan Android. Winzip juga ada beberapa produk seperti

Winzip Suite Standard : WinZip Standard Suite memudahkan berbagi file dengan alat yang mudah digunakan dan penghemat waktu bawaan. Dapatkan yang terbaik dalam teknologi berbagi file.

Winzip Pro Suite : WinZip Pro Suite memungkinkan Anda berbagi file dari komputer atau cloud, memulihkan ruang di komputer, dan banyak lagi. Kontrol file Anda dengan penyimpanan ekstra 50 GB, pembersih file, teknologi pencadangan, dan banyak lagi.

WinZip Ultimate Suite : WinZip Ultimate Suite memberi Anda kontrol penuh untuk berbagi file dengan aman dan memastikan komputer Anda dalam kondisi prima. Hemat ruang dengan penyimpanan 50GB dan kompatibilitas cloud. Hemat waktu dengan fitur produktivitas tingkat lanjut, seperti wizard pembersihan dan fungsionalitas PDF yang mudah digunakan. Dan selamatkan komputer Anda dengan alat perawatan komputer yang penting.


7ZIP

Aplikasi 7-Zip adalah aplikasi open source dan tidak memiliki string, maksudnya Anda tidak akan dibebankan biaya lagi setelah Anda menggunakannya. Aplikasi 7-Zip ini mendukung berbagai jenis format file yaitu RAR, ZIP, CAB, dan 7z. Serta dapat digunakan hampir di semua platform Windows.

Selain memiliki fitur membaca dan mengekstrak file, aplikasi ini juga bisa mengkompresi file ke dalam bentuk format file lainnya seperti WIM, TAR, RAR, ZIP. Aplikasi ini memiliki tampilan yang terlihat rapi dan bersih dengan tombol yang berwarna – warni menjadikannya mudah untuk digunakan.

Aplikasi ini juga menyediakan fitur keamanan dengan menggunakan password atau kata sandi pada file Anda. Dan aplikasi ini menggunakan enkripsi AES-256. Namun, aplikasi 7-Zip saat masih tersedia hanya untuk sistem operasi Windows. Selain itu juga aplikasi 7Zip mendukung berbagai bahasa. Mungkin ini adalah aplikasi yang sangat disarankan dari kedua aplikasi diatas, karena selain fiturnya tidak kalah dengan winrar maupun winzip, anda juga dapat menggunaka 7ZIP secara gratis tanpa bayar. Untuk mengunduhnya dapat langsung ke website resmi 7Zip.

 


Posting Komentar

0 Komentar

Tutup Menu