Siaran TV Analog Migrasi ke Digital



Kegiatan menonton TV merupakan salah satu kegiatan yang dapat menghilangkan jenuh setelah seharian beraktivitas. Ditemani dengan cemilan, sambil duduk santai di sofa, bersama anggota keluarga tercinta, kegiatan ini bisa menjadi sarana untuk mendekatkan antara anggota keluarga  apalagi jika tayangannya adalah acara favorit kita. Tentunya menonton TV berjam-jam tidak membosankan.

Sayangnya, siaran Televisi di Indonesia seringkali kurang bagus atau bersemut terutama di wilayah-wilayah tertentu. Itu adalah salah satu kelemahan dari Siaran Analog. Hal tersebut tentu sedikit menjengkelkan terutama apabila kita ingin menonton acara favorit. Kabar baiknya, sebentar lagi, tepatnya pada bulan November 2022 nanti, Pemerintah Indonesia melakukan migrasi dari siaran analog ke siaran digital secara menyeluruh.

Dengan jaringan televisi digital, Anda tidak perlu khawatir lagi dengan tayangan yang bersemut. Jaringan digital akan menghasilkan tayangan yang jernih dan beresolusi tinggi. Dijamin, Anda akan betah berlama-lama di depan televisi untuk menonton berbagai acaranya. Namun sebelum dapat menyaksikan acara favorit kita dengan jaringan Digital ini, TV kita harus sudah siap menerima sinyal Digital dengan kata lain TV kita juga harus sudah dilengkapi dengan penangkap sinyal Digital (TV Digital). Lalu bagaimana dengan TV model lama atau yang masih menggunakan TV Analog ?

Simpelnya, Anda bisa menonton siaran TV digital menggunakan set top box tanpa perlu membeli TV baru. Kualitasnya pun jauh lebih jernih dibandingkan siaran analog biasa. Jika tertarik, tidak ada salahnya simak daftar rekomendasi merk set top box berikut ini.

 

Matrix



Matrix adalah salah satu merek set top box populer di pasaran. Produk-produk set top box Matrix bisa Anda dapatkan dengan mudah secara online. Salah satu modelnya yang paling populer adalah Matrix Apple DVB T2.

Dengan harga 200 ribuan, Matrix Apple DVB T2 menawarkan beberapa keunggulan. Di antaranya adalah mendukung YouTube dengan menggunakan dongle WiFi, mendukung berbagi tampilan ponsel ke TV juga dengan dongle WiFi, dan dukungan gambar Full HD yang tajam. Kelebihan lain dari set top box Matrix Apple DVB T2 adalah sudah sesuai dengan SNI (Standar Nasional Indonesia) serta memiliki sertifikat EWS (Early Warning System) / Sistem Peringatan Dini seperti terjadinya bencana, seperti gempa bumi, dll. Selain itu, paket penjualannya sudah dilengkapi dengan remote dan kabel RCA. Untuk melihat produk-produk matrix bisa langsung kunjungi website resminya di tautan ini.

 

Polytron

Siapa yang tidak kenal dengan merek ini? Polytron adalah merek peralatan elektronik dalam negeri yang produk-produknya mudah ditemukan di seluruh Indonesia. Salah satu produk yang dibuat oleh Polytron adalah set top box.

Polytron PDV 610T2 menjadi salah satu model set top box-nya yang populer. Produk ini dijual dengan harga 200 ribuan dan pastinya menawarkan beberapa keunggulan dibanding set top box dengan harga yang serupa.

Beberapa fasilitas yang ditawarkan oleh set top box ini di antaranya adalah pencarian saluran TV otomatis, perekam acara favorit, dan pengeser waktu siaran. Di sisi lain, produk yang sangat ramping ini juga mendukung pemutaran video dari flashdisk atau harddisk eksternal dengan format yang beragam.

 

Akari



Selain Polytron, merek produk eletronik Indonesia yang juga memiliki produk set top box adalah Akari. Sebagai merek yang sudah berpangalaman selama puluhan tahun, kualitas produk Akari pastinya sudah dipercaya banyak masyarakat Indonesia.

Salah satu set top box populer dari Akari adalah Akari Set Top Box ADS-525. Produk seharga 200 ribuan ini juga telah dilengkapi dengan fitur peringatan dini bencana alam serta mendukung fungsi EPG (Electronic Program Guide) selama 7 hari.

Keunggulan lainnya termasuk OSD bahasa Indonesia dan bahasa Inggris, indikator level sinyal dan tingkat kualitas, memiliki kapasitas penyimpanan program tinggi hingga 999 program, serta dapat merekam dan memutar kembali acara TV maupun radio.


Tanaka


Sekilas namanya mirip dengan produk buatan Jepang ya.. namun ternyata bukan, Tanaka merupakan merek produk elektronik asal Indonesia. DVB T2 Tanaka T-2 Digital, sebuah set top box, adalah salah satu di antara produk elektronik yang ditawarkan oleh Tanaka.

DVB T2 Tanaka T-2 Digital yang dijual di angka 200 ribuan ini sudah dilengkapi dengan kabel RCA dan HDMI. Di harganya yang terjangkau, set top box ini mampu menangkap siaran digital di seluruh Indonesia, mendukung YouTube, DLNA, PVR, Mp3, Full HD 1080p, dan lain sebagainya.

DVB T2 Tanaka T-2 Digital juga sudah memiliki sertifikasi SNI, Postel, dan EWS (Early Warning System): pemberitahuan dini bencana alam berdasarkan kode pos.

Posting Komentar

0 Komentar

Tutup Menu