GCompris, Aplikasi Bermain dan Belajar

GCompris adalah rangkaian perangkat lunak pendidikan gratis yang berisi berbagai macam aktivitas. Menawarkan berbagai kegiatan yang ditujukan untuk mencakup berbagai bidang seperti fungsi komputer, menggunakan mouse dan keyboard, pembelajaran umum, membaca, menulis, bahasa asing, aljabar, serta berbagai kegiatan seperti permainan memori dan logika, ilmiah eksperimen dll. 

Tentunya ini semakin menambah semangat belajar buat putra-putri anda dirumah, karena jangan sekedar bermain, tentu harus ada nilai edukasinya. Yap.. semoga kita bisa menjadi orangtua yang bijak dalam memberikan sesuatu buat putra putri kita.

Didalam Aplikasi GCompris kita akan menemukan banyak paket perangkat lunak individual yang bersama-sama membentuk rangkaian aktivitas GCompris yang lengkap.  Tujuan aplikasi ini adalah untuk menyediakan platform pengembangan untuk kegiatan pendidikan. GCompris adalah bagian dari proyek GNU dan ditempatkan di bawah lisensi GPL.

Untuk dapat menggunakan Aplikasi Gcompris di komputer/laptop, minimal punya syarat ini spesifikasinya *Processor : Setara Intel Pentium 4, dengan RAM hanya 512 MB saja, Untuk Ruang Disk sekitar 400 MB-an sudah cukup.

Jadi Aplikasi GCompris ini tentunya sangat layak dimainkan dengan komputer spek rendah sekalipun. Owh iya, tak kalah penting juga, GCompris sudah mendukung sistem 64 bit. Dengan berbagai Operating system pilihan dari Linux, MacOs, atau Windows. Bahkan sekarang juga sudah dapat dimainkan di ponsel android.

Gcompris juga sudah tersedia lebih dari 50 bahasa. Jika Anda ingin memeriksa apakah bahasa Anda tersedia, Anda dapat memulai GCompris dan memilih bahasa Anda di opsi konfigurasi. Hati-hati, sistem operasi Anda harus mendukung bahasa Anda agar GCompris dapat menggunakannya. Jika Anda menemukan palang merah saat memilih bahasa di GCompris, ini berarti sistem Anda tidak mendukungnya, meskipun terjemahan tersedia di GCompris.

 Jika bahasa Anda tidak didukung, Anda dapat berkontribusi pada perangkat lunak dan menambahkan terjemahan bahasa Anda. Jika Anda tertarik, Anda dapat menghubungi tim penerjemahan proyek Gnome untuk bahasa Anda.

Anda dapat menggunakan GCompris dalam bahasa asing yang sedang Anda pelajari. Pilih bahasa asing di Menu konfigurasi. Jangan lupa untuk menginstal modul audio opsional untuk bahasa ini di distribusi GNU/Linux Anda. Versi Windows dilengkapi dengan semua dukungan audio yang tersedia. Saat menggunakan GCompris dalam bahasa lain, dimungkinkan untuk mengonfigurasi beberapa aktivitas dengan lebih tepat menggunakan set audio melalui modul administrasi.

Saat ini versi terbaru dari GCompris adalah versi 2.4. Apa saja fitur terbarunya ? Penasaran ? Silakan langsung buka web resminya, untuk versi laptop/pc bisa klik tautan ini atau untuk yang ingin menginstalnya di ponsel android bisa ke Playstore.

Posting Komentar

0 Komentar

Tutup Menu