Desain Mudah Menggunakan Canva

 

Dalam media ber-promosi dapat menggunakan berbagai cara, salah satunya dengan sebuah desain 2D, seperti contohnya kartu nama, poster dan sebagainya. Namun bagi pemula, apa yang harus dilakukan untuk membuat desain sebuah kartu nama, poster, banner ? Tak perlu khawatir, sekarang ini ada sebuah aplikasi desain grafis bernama Canva.

Canva merupakan aplikasi desain grafis online yang memudahkan penggunanya untuk membuat berbagai macam desain, seperti desain CV, poster, logo, karu nama dan lain-lain.

Aplikasi desain grafis ini bahkan sangat cocok dan direkomendasikan untuk digunakan oleh pemula. Sebab, tampilan aplikasinya sangat ramah dan mudah digunakan.

Namun demikian, tak jarang masih ada yang belum bisa menggunakan Canva dengan baik. Pasalnya, fitur yang disajikan oleh Canva sangat banyak sehingga anda harus memahaminya dengan baik.

Lalu bagaimana cara menggunakan Canva untuk keperluan desain dan sebagainya? Yuk disimak penjelasan singkat berikut ini.


Fitur Gratis Canva

Nah, sebelum membahas cara membuat akun, berikut ini contoh fitur gratis di Canva yang bisa anda manfaatkan:

1. Animasi

Jika anda ingin menambahkan animasi dalam bentuk GIF ke dalam desain anda, Canva bisa menyediakan beberapa animasi gratis yang dapat anda gunakan. Namun, fitur ini tentu berbeda dengan Canva Pro karena akan ada lebih banyak pilihan animasinya.

2. Template desain

Tak mau membuat desain dari nol? Tenang, ada banyak jenis template gratis yang bisa di pilih berdasarkan jenis desain. Mulai dari desain laporan hingga postingan media sosial.

3. Foto & audio

Terkadang, kita juga perlu foto dengan kualitas tinggi sebagai penunjang desain. Nah, selayaknya situs seperti Freepik, anda juga bisa temukan beberapa foto gratis untuk digunakan. Selain itu, ada juga pilihan audio yang bisa dimanfaatkan untuk membuat karya seperti Motion Graphic (multimedia, animasi, dll)

4. Edit foto

Bagaimana jika anda ingin menggunakan foto dari laptop atau handphone? Bisa. 

Setelah ditambahkan, anda juga bisa mengedit sedikit fotonya agar lebih bagus. Misalnya dengan menambah kecerahan, kontras, saturasi, dan beberapa efek gratis lainnya

  

Cara Membuat Akun Canva

Tentunya sebelum kita dapat menggunakan berbagai fitur gratis Canva, terlebih dahulu kita harus membuat akun Canva. Membuat akun di Canva mudah, seperti hal ketika anda membuat akun-akun lainnya.

1. Kunjungi situs canva.com

2. Pilih sign up untuk mendaftar, pilihanya dengan Email, Facebook, atau Google.

3. Masukkan nama lengkap, email, dan password jika anda sign up dengan email.

4. Jika sign up dengan Facebook atau Google, lakukan authorize access.

5. Setelah data terisi, klik sign up maka anda sudah mempunyai akun Canva.

  

Cara Membuat Desain di Canva

Setelah mengetahui Canva dapat membuat berbagai macam desain, seperti desain logo, poster, CV, dan kartu nama dan lain-lain, sekarang kita akan membahas bagaimana membuat desain pertama di Canva.

Caranya bisa diikuti seperti dibawah ini

1. Log in terlebih dahulu

Seperti biasa, anda harus log in terlebih dahulu untuk dapat membuat desain di Canva.

2. Klik ‘buat desain’

Setelah itu, klik buat desain dan pilih salah satu desain yang ingin anda buat.

3. Pilih template sesuai selera anda

Sebagai contoh, dalam tampilan di bawah ini merupakan contoh template yang disediakan oleh Canva untuk anda yang ingin membuat desain kartu nama


4. Tambahkan foto / logo

Untuk menambahkan desain yang unik dalam proses kreatif anda, dapat menambahkan foto di dalamnya. Di pojok kiri tampilan saat kamu mulai mendesain, ada pilihan fitur foto. Di situ terdapat banyak sekali foto yang telah disajikan oleh Canva dan gratis digunakan oleh anda. Atau dapat gunakan foto/logo anda sendiri.

5. Tambahkan tulisan

Selain bisa menambahkan foto ke dalam desain kartu nama atau poster, anda juga bisa menambahkan teks tulisan untuk semakin memperindah desain. Caranya cukup klik ‘Teks’ yang berada di kiri, kemudian anda bebas memilih font sesuka hati anda.


Download gambar dan bagikan ke orang lain



Setelah mencoba otak atik menggunakan canva untuk membuat desain, maka saatnya untuk membagikan ke orang ataupun men-download-nya langsung.

Untuk melakukan keduanya, anda tinggal klik tombol Share (Bagikan) yang ada di pojok kanan atas apabila ingin membagikan ke orang lain. Setelah itu, masukkan email yang dituju.

Jika ingin men-download, anda tinggal klik tombol Download dibagian bawah, hasil desain anda  akan di-unduh kedalam komputer dan dapat disimpan atau dicetak.

Posting Komentar

0 Komentar

Tutup Menu